Cara Mencuci Botol Susu yang Bersih dan Selalu Steril

Cara Mencuci Botol Susu yang Bersih dan Selalu Steril
Cara Mencuci Botol Susu yang Bersih dan Selalu Steril
Meskipun susu bayi Mothercare sangat aman bagi bayi serta sangat maksimal mendungkung tumbuh kembang bayi tetapi jika  botol susu tidak dibersihkan dengan benar serta tidak selalu disterilkan maka akan menjadi percuma.
Memang mencuci botol susu kelihatannya mudah dilakukan. Tetapi jika tidak dilakukan dengan benar, bisa membahayakan si kecil. Apalagi sistem kekebalan bayi belum berkembang sepenuhnya.
Hal tersebut menjadikan bayi lebih rentan jatuh sakit jika botol susu tidak dibersihkan dengan cara yang benar dan tidak disterilkan. Oleh sebab itu jangan pernah Bunda menyepelekannya.
Cara Mencuci Botol Susu yang Benar
Pada dasarnya susu bayi memiliki sejuta manfaat bagi bayi. Hal ini disebabkan sejuta kandungan yang ada di dalam susu itu sendiri. Misalnya saja susu bayi Mothercare, selain sehat juga sangat aman untuk dikonsumsi si kecil.
Namun lantaran ketelodoran Anda, bukannya bayi akan semakin sehat tetapi malah sebaliknya, bayi akan mudah sakit. Kenapa? Sebab botol susu tidak dibersihkan dengan benar dan juga tidak disterilkan terlebih dahulu.
Memangnya bagaimana cara yang benar saat mencuci botol susu? Berikut ini merupakan langkah mencuci botol susu yang benar supaya bisa steril:
1.    Cuci dengan segera sehabis digunakan
Langkah ini bisa mencegah susu lama maupun kotoran terakumulasi di dalam botol. Cobalah untuk menggunakan air panas pada saat mencuci boto tersebut.
2.    Kumpulkan bahan-bahan yang tepat untuk mencuci
Beberapa bahan yang harus Anda siapkan seperti sikat pembersih botol. Dengan sikat model ini, Anda bisa dengan mudah membersihkan bagian dasar dan juga sisi botol.
Sikat karet dot juga jangan sampai terlewatkan. Apalagi dot ini sangat berbahaya jika tidak benar-benar bersih karena bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Jangan lupa menggunakan cairan pencuci khusus botol bayi.
Jika Bunda menggunakan botol plastik, pastikan bahwa botol tersebut bebas dari Bisfenol-A, yang merupakan bahan kimia menyerupai estrogen yang sudah dilarang oleh Federation and Drug Administration (FDA).
3.    Cucilah bak dapur lalu isilah dengan air sabun panas
Tujuannya adalah menghilangkan bakteri maupun bahan kimia yang berbahaya. Untuk memberisihkannya bisa dengan cara menggunakan spons lalu gosokkan ke bagian dasar serta samping bak cuci dan sekitar lubang pembuangannya.
 Jangan lupa untuk menggunakan air panas serta gunakan juga sedikit soda kue yang bisa difungsikan sebagai disinfektan alami. Setelah selesai dibersihkan, barulah Anda mengisinya dengan sabun pencuci piring serta air panas.
4.    Buka semua bagian botol lalu cicilan masing-masing bagiannya secara terpisah
Pada saat mencuci botol susu bayi, usahakan untuk melepas bagiannya lalu mencuci masing-masing bagiannya. Mulai dari botol, cincin dot, dan karet dot secara terpisah. Hal seperti ini sangat penting dilakukan sebab banyak susu lama yang berkumpul di cincin dan karet dot yang berpotensi sebagai sarang bakteri.
Setelah itu masukkan semua bagian botol tadi ke dalam air sabun panas lalu cucilah secara terpisah. Jangan lupa gunakan sikat botol dan juga sikat karet dot untuk dot plastik dan juga cincin dotnya.
Sekali lagi untuk diperhatikan dan diingat betul-betul, dikarenakan sistem kekebalan bayi belum maksimal, maka melakukan hal-hal seperti ini sangat penting untuk dilakukan.

Meskipun susu bayi tersebut Anda pilih yang sangat berkualitas sekalipun namun jika botol bayi tidak bersih dan steril juga akan membahayakan kesehatan bayi itu sendiri. Oleh sebab itu, cucilah dengan benar dan pilihlah susu untuk bayi yang mengandung gizi tinggi, misalnya saja susu bayi Mothercare.